Oleh Prof Dr Mardianto MPd
Pendidik Inspiratif Rahmah Fitriani: Konsisten dalam Bidang Keilmuan yang Mencerahkan.
Hybrid learning integrates conventional teaching and learning with educational technologies and combines the advantages of on-site class and online learning. Edmodo, as a cloud-based informative Social Networking Site (SNS) has much been used in entirely virtual as well as hybrid learning all over the world. (Rahmah Fitriani, 2021).
Satu materi dapat diajarkan dengan beberapa strategi, satu strategi dapat dikembangkan untuk beberapa materi, begitu juga materi dan strategi dapat dikembangkan untuk beberapa waktu, tetapi ada catatan penting, dalam satu waktu kita harus mengembangkan berbagai materi dan bermacam metode. Ada yang harus dilakukan oleh pendidik dalam hal ini yakni integrasi atau kombinasi, itulah tugas pendidik di lapangan pekerjaan, di dalam kelas atau di dunia nyata.
Pendidikan dapat dilakukan dengan satu prosedur yang ketat dan ini menjadi bagian penting agar terlaksana sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Namun dalam situasi yang berbeda, maka pertimbangan seorang guru harus secepatnya dilakukan, menggabungkan beberapa strategi pembelajaran di kelas memerlukan keahlian khusus, bukan karena sekadar mengatasi masalah sesaat tetapi menjadi pilihan di saat yang tepat.
Integrasi keilmuan adalah salah satu jawaban bagi guru yang akan mengombinasikan beberapa strategi pembelajaran. Dengan pemahaman integrasi yang baik, seorang guru akan memiliki pengetahuan utuh bahwa ilmu sesungguhnya satu, bila dipisah secara disiplin justru tujuannya untuk memahami yang satu. Pengetahuan filsafat adalah penting bagi guru, karena dengan filsafat ini guru akan memiliki aras keilmuan yang kuat.
Kombinasi strategi pembelajaran memang membutuhkan pengetahuan tetapi lebih sarat pada keterampilan. Seorang guru yang baik akan menjadikan kompleksitas materi menjadi inspirasi bagaimana cara mengintegrasikan, mengkombinasiskan untuk satu tujuan. Beragam siswa yang akan belajar, bermacam situasi yang dihadapi, serta kesederhaan media teknologi yang tersedia adalah lingkungan penting bagaimana kombinasi dapat dilakukan.
Pendidik inspiratif benar adanya, bahwa mengombinasikan berbagai strategi pembelajaran, adalah perlu. Kemampuan dan kepiawaiannya bukan saja didasarkan dari pengalaman di lapangan tetapi juga kesadaran bahwa ilmu itu satu.
Pendidik inspiratif akan terus belajar filsafat pendidikan untuk menguatkan dan mengukuhkan, kemudian ia mengikuti perkembangan zaman lewat sosiologi pendidikan, akhirnya psikologi diri memberi kesadaran dan pengendalian. Saya adalah guru sang pendidik, maka bila tidak belajar saya tidak lagi seorang guru apalagi pendidik.
Kita setuju “Dengan kolaborasi kita bangun negeri, lewat pendidikan kita bersinergi”.