Oleh Prof Dr Mardianto MPd
Secara umum pendidikan berfungsi mencerdaskan dan memberdayakan individu dan masyarakat sehingga dapat hidup mandiri dan bertanggungjawab dalam membangun masyarakatnya. Dalam perspektif individu fungsi pendidikan Islam adalah sebagai kaderisasi mengarahkan pembinaan potensi anak menuju terbentuknya pribadi muslim seutuhnya bahagia di dunia dan di akhirat. (Nurgaya Pasha dkk, 2014).
Pribadi muslim yang bermanfaat bagi masyarakat adalah puncak dari keberhasilan pendidikan. Maka pendidikan dapat dilaksanakan dimulai dari individu atau dari kebutuhan masyarakat keduanya tidak ada masalah, yang penting pendidikan disadari oleh masyarakat adalah penting.
Langkah dalam menciptakan masyarakat yang peduli pendidikan dapat dilakukan pada empat kuadran yakni;
Pertama, bagaimana menjadi individu memiliki kecerdasan maka diperlukan pendidikan yang baik sesuai dengan tuntutan zaman. Dengan kesadaran yang tinggi keluarga memberikan pendidikan sebaik-baiknya agar individu siap menjadi warga negara yang baik.
Kedua, bagaimana menjadikan individu dapat berbuat untuk dirinya dan lingkungannya. Bila pendidikan telah dimiliki, maka individu akan menjadi warga di tengah masyarakat. Nilai yang dibawa oleh individu adalah kebaikan, dan nilai yang dijunjung di tengah masyarakat adalah kontrol bagi penyeimbangan antar warga.
Ketiga, bagaimana masyarakat menghargai kemampuan individu. Masyarakat yang baik memiliki ruang untuk seluruh warganya berekspresi, bereksplorasi tentang kemampuan yang dimiliki. Apapun yang dilakukan oleh warganya mempunyai makna terkait dengan membangun masyarakat, maka pendidikan harus memberi ruang tersebut.
Keempat, bagaimana masyarakat terbangun dari kolaborasi antar individu. Masyarakat yang baik adalah di dalamnya terbangun sistem yang memberi kesempatan seluruh individu berbuat untuk kebaikan. Kebaikan bukan hanya untuk individu sendiri, tetapi untuk antar individu antar masyarakat lewat pendidikan.
Pendidik inspiratif menyadari bahwa untuk mendapatkan sesuatu tidak harus secara langsung, akan tetapi langkah dengan tahapan tertentu memberi kemudahan untuk mencapainya.
Pendidik inspiratif menyadari betul bahwa proses itu sangat penting, sehingga perencanaan yang matang, pelaksanaan yang baik, dan evaluasi untuk pengembangan adalah mutlak.
Kita setuju “Dengan kolaborasi kita bangun negeri, lewat pendidikan kita bersinergi”.