Oleh Prof Dr Mardianto MPd
Pendidikan prasekolah adalah segenap upaya pendidik dalam memfasilitasi perkembangan anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun melalui penyediaan pengalaman menstimulasi segenap perkembangan secara terpadu dan menyeluruh. Dengan demikian anak dapat tumbuh dan berkembang secara sehat dan dapat mengembangkan semua aspek secara optimal sesuai dengan usia anak. (Khadijah, 2016).
Sejak lahir anak telah mendapatkan lingkungan yakni keluarga dan masyarakat. Lingkungan keluarga yang baik akan memberi pengaruh terhadap perkembangan anak, lingkungan masyarakat yang baik akan memberi kontribusi terhadap perkembangan anak.
Dari kedua lingkungan ini akan menjadi persiapan bagaimana anak memperoleh pengalaman awal belajar dan memperoleh kehidupan selanjutnya.
Tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam memberi lingkungan pada anak; pertama aspek psikologis, aspek sosiologis, dan aspek psikologis paedagogis.
Secara psikologis anak adalah individu yang sedang tumbuh berkembang dengan segala bentuk kemampuannya. Stimulasi nutrisi dan asupan lainnya sangat penting menjadi bagian dari pertumbuhan dan perkembangan anak.
Perlu dicatat, pertumbuhan anak besar artinya bagi perkembangan, jadi orang tua yang baik adalah memberi kepastian bahwa anak tumbuh dengan baik sesuai dengan irama usia.
Secara sosial anak sangat rentan dengan pengaruh lingkungan, lingkungan pertama adalah anggota keluarga. Apa pun keadaan keluarga khususnya interaksi antar anggota keluarga sangat besar memberi pengaruh pada anak. Interaksi dimaksud adalah komunikasi tata cara memanggil, menyayangi anak baik dengan sentuhan fisik maupun sambutan hangat.
Secara paedagogi, perkembangan anak akan dipengaruhi oleh fungsi dan peran orang tua yang utama. Orang tua yang memiliki pengetahuan dan keterampilan mendidik, atau telah cukup dewasa ketika ia menikah, maka kesiapan memiliki anak akan lebih baik dibanding lainnya.
Pendidik inspiratif salalu mempertimbangkan latar belakang anak, bahkan keluarga anak lingkungan semuanya memiliki arti dalam mendiagnosis persoalan anak.
Pendidikan akan berlangsung dengan baik bila didukung oleh interaksi guru, orang tua serta dukungan masyarakat.
Kita setuju “Dengan kolaborasi kita bangun negeri, lewat pendidikan kita bersinergi”.