Oleh Prof Dr Mardianto MPd
The focus in Reading on purpose is reading for meang, or reading in order to use information and ideas. This objective calls for an overall design which helps ESOL, learners to develop:
1) Thingking processes and cognitives skills necessary for meaningful reading;
2) General background knowledge necessary for comprehension of the text;
3) Sensitivity to the features of different types of reading materials;
4) Vocabulary understanding to derive meaning from the text;
5) Experience in successful, sustained reading of interesting texts; and
6) A taste for reading enjoyment which can eventually lead to reading for the sake of reading. (Derliana Marbun, 2014).
Belajar bahasa Inggris itu perlu, khususnya untuk meningkatkan keterampilan komunikasi. Komunikasi lisan, tulisan saat ini menjadi bagian penting dalam mempersiapkan seseorang untuk bekerja, mengembangkan profesi bahkan menguasai berbagai kecakapan hidup.
Dalam pembelajaran bahasa Inggris, fokus dalam membaca dan pemahaman makna, atau membaca untuk menggunakan informasi dan gagasan. Tujuan pembelajaran ini membutuhkan desain atau rancangan secara total untuk membawa peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan.
Beberapa hal penting tentang pembelajaran bahasa Inggris yang bermakna adalah sebagai berikut:
1) Proses berpikir dan keterampilan kognitif sangat diperlukan untuk membaca bermakna;
2) Pengetahuan umum berbagai bidang sangat mendukung untuk keperluan memahami teks;
3) Kepekaan terhadap berbagai keunikan, kekhasan serta keistimewaan bahan bacaan;
4) Pemahaman yang baik terhadap kosa kata untuk memperoleh makna dari teks;
5) Pengalaman dalam membaca teks-teks menarik yang berhasil dan berkelanjutan; Dan
6) Rasa senang untuk membaca yang pada akhirnya dapat menimbulkan minat membaca yang berkelanjutan.
Keterampilan mengembangkan pembelajaran yang bermakna sangat penting untuk mempersiapkan kompetensi diri. Hari ini kegiatan pendidikan selalu mengupdate berbagai persoalan, pengembangan tentang pembelajaran yang lebih berguna bagi masa depan.
Pendidik inspiratif selalu berpegang pada norma pendidikan, regulasi tentang berbagai persyaratan mendidik. Untuk itu kreativitas apapun yang dilakukan oleh pendidik inspiratif selalu bersandar pada apa yang menjadi bagian dari pendidikan.
Kita setuju “Dengan kolaborasi kita bangun negeri, lewat pendidikan kita bersinergi”.