Oleh Prof Dr Mardianto MPd
Pendidik Inspiratif Rusydi Ananda: Mendidik dengan Inovasi Teknologi.
Majunya bidang teknologi dan komunikasi sekarang ini dapat memberikan pengaruh positif terhadap kemajuan di bidang lain, termasuk dalam dunia pendidikan. Tugas pembaruan pendidikan yang terutama adalah memecahkan masalah-masalah yang dijumpai dalam dunia pendidikan, baik dengan cara yang konvensional maupun dengan cara yang inovatif (Rusydi Ananda, 2017).
Ilmu pendidikan dibantu oleh ilmu dan mendidik, maka lahirlah apa yang disebut dengan paedagogi, kemudian berkembang juga andragogi. Khusus untuk ilmu pendidikan kemudian lahir didaktik metodik, didaktik ilmu mendidik secara umum, dan metodik adalah ilmu mendidik secara khusus.
Sementara itu, untuk pendidikan agama juga berkembang maka ada juga yang disebut dengan metodik khusus pendidikan agama. Namun ilmu pendidikan kini terus berkembang kesediaan pendidik, peserta didik, peralatan menjadi bagian dari penelitian dan kemudian berkembanglah ilmu pendidik yang dibantu oleh ilmu ilmu lain.
Dari sisi pendidik lahirlah ilmu quantum teaching, quantum learning, accelerate learning, menghafal cepat dan lain sebagainya. Tentu semua ilmu tersebut hasil dari beberapa lama tentang pembelajaran baik di kelas, di luar kelas bahkan sampai di luar sekolah sekalipun.
Ilmu tentang peserta didik banyak kontribusi dari penelitian tentang otak, perkembangan anak, nutrisi dan lain sebagainya. Para ahli terus melakukan kajian bahwa anak adalah manusia dengan ciri yang khusus dan spesifik tidak ada satupun yang sama, sehingga pendidikan harus memberikan layanan terhadap perbedaan tersebut.
Pendidikan berdasarkan potensi anak kini terus menjadi berkembang, apakah ingin jadi ilmuwan, olahragawan, dan lain sebagainya, maka multiple intelligence terus berkembang sampai saat ini.
Peralatan pendidikan sangat didukung oleh ilmu tentang komunikasi, bahkan teknologi informasi yang memberi bantuan secara khusus terhadap media pendidikan.
Teknologi pendidikan adalah ilmu yang memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan pendidikan dengan visi yang sangat jelas yakni; mempermudah orang belajar. Siapa saja, di mana saja, kapan saja semua orang berhak mendapatkan akses pendidikan dengan kemudahan.
Pendidik inspiratif menyadari bahwa tugas mendidik terus dibantu oleh penelitian tentang mendidik, tentang peserta didik terlebih tentang peralatan pendidikan. Teknologi pendidikan bukan ditakuti tetapi adalah bagian penting untuk memaknai bahwa pendidikan hari ini sudah memasuki era yang lebih baik dari masa lalu
Kita setuju “Dengan kolaborasi kita bangun negeri, lewat pendidikan kita bersinergi”.