Educational evaluation is an important part of the implementation of national education. This concept greatly influences the future of the national education system, because with the evaluation it will bring improvements to the past system to a better future system. As a country that has big aspirations in developing a national education system, certainly making educational evaluation a system that will participate in carrying out this mission. The results of this study reveal that educational evaluation is an important part of the development and improvement of the national education system. In addition, education evaluation must be carried out in accordance with the standards set by the government through the ministry of education so that there is an even distribution of evaluation in all parts of the country. (Asrul, 2020).
Satu ketika kita mendengar kabar mobil Fortuner ditarik dari pasaran, alasannya jelas, bahwa hasil evaluasi mekanik terdapat beberapa hal yang harus diperbaiki segera.
Namun berita yang paling penting di balik itu adalah; “Demi menghindari potensi yang dapat mengurangi kenyamanan dan keselamatan berkendara, maka kami sangat mengimbau para pemilik kendaraan yang dimaksud agar dapat segera mengecek melalui channel komunikasi digital Toyota atau mengecek kendaraannya di bengkel resmi Toyota,” kata Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto, dilansir suara.com, Kamis (6/8/2020).
Sungguh sebuah siklus antara perencanaan, pengelolaan, layanan pasca produksi, sampai evaluasi berkelanjutan yang baik.
Suatu ketika itu terjadi di dunia pendidikan, begitu diluncurkannya Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar, semua sistem pembelajaran mengalami perubahan terlebih evaluasi bukan saja menyesuaikan akan tetapi banyak merombak format dan lain sebagainya.
Apa yang harus dilakukan;
guru harus diupgrade, status guru begitu pentingnya, ketika ia mengajar tidak ada berhenti sampai pensiun, kalender pendidikan tidak ada yang cuti.
Sementara guru terus bekerja, walaupun terjadi perubahan kurikulum guru tetap bekerja, dan ia sendiri melakukan update terhadap berbagai kebijakan, kurikulum termasuk evaluasi.
Dengan mengikuti berbagai pelatihan baik secara mandiri maupun program yang ditawarkan oleh pihak berwenang apakah kementerian, Balai Diklat maka guru harus aktif mendapatkan perubahan tentang evaluasi pendidikan.
Panduan diubah, berbagai panduan tentang pendidikan, khususnya dari sejak perencanaan, strategi pembelajaran harus dilakukan penyesuaian, perubahan bahkan perombakan total.
Panduan yang dijadikan dasar untuk melakukan kegiatan semua harus diubah oleh yang berwenang, karena dengan dasar itulah maka seluruh kegiatan evaluasi akan dilakukan. Jangan sekali-kali melakukan evaluasi tanpa dasar dan aturan yang menjadi landasan, ini sangat penting karena menghindari masalah yang lebih jauh.
Panduan menyusun RPP, panduan mengembangkan materi, terlebih panduan evaluasi pembelajaran pada siswa adalah hal penting yang harus dilakukan.
Di samping perubahan, juga disosialisasikan agar semua dapat menerapkan dengan persepsi yang sama, pelaksanaan yang sama dan mengembangkan dengan cara yang sama. LPTK harus lebih di depan. Inilah yang paling utama untuk melakukan perubahan.
Di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan di mana kajian teori dilakukan, kebijakan dikritisi, serta kenyataan di lapangan diteliti semuanya menyatu dalam sajian diskusi di forum ilmiah.
Tanpa ada yang memiliki kepentingan sepihak apalagi sesaat, semua menjadi penting dan utama untuk sebuah peradaban lewat pilar dharma perguruan tinggi.
Evaluasi yang dilakukan oleh pihak perguruan tinggi khususnya LPTK bukan semata untuk kepentingan sepihak, atau untuk sponsor penelitian, atau bahkan hanya untuk melegitimasi sebuah regulasi, akan tetapi menjadi dasar bagi pembangunan peradaban yang simultan.
LPTK dalam hal ini harus selalu melakukan evaluasi baik terhadap proses pendidikan yang dilaksanakan, maupun sistem evaluasi yang dipraktikkan di dunia nyata.
Di sinilah letak evaluasi pendidikan menurut tuan Asrul merupakan bagian penting dalam penyelenggaraan pendidikan nasional.
Kita setuju karena menurut beliau bahwa konsep ini sangat memengaruhi masa depan sistem pendidikan nasional, dengan adanya evaluasi akan membawa perbaikan terhadap sistem yang lalu menuju sistem akan datang yang lebih baik.
Memang evaluasi itu ada di mana-mana, bahkan dari kelas yang paling kecil sampai evaluasi terhadap sistem pendidikan di sebuah negara. Untuk itulah sebagai negara yang mempunyai cita-cita besar dalam mengembangkan sistem pendidikan nasional, tentunya menjadikan evaluasi pendidikan sebagai suatu sistem yang akan turut serta menjalankan misi tersebut.
Tuan Asrul sekali lagi memberikan informasi akurat kepada kita bahwa dengan mengumpulkan berbagai informasi yang dapat diperoleh dari buku, jurnal, elektronik, cetak dan media sosial.
Asrul meyakinkan kita bahwa evaluasi pendidikan merupakan bagian penting dalam pembangunan dan perbaikan sistem pendidikan nasional.
Selain itu, evaluasi pendidikan harus dilaksanakan sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah melalui kementerian pendidikan agar terjadi pemerataan evaluasi di seluruh pelosok tanah air. Evaluasi yang dilakukan hari ini, hasilnya kita tunggu hari esok, dan mungkin saja beberapa tahun yang akan datang.
Kita setuju “Dengan kolaborasi kita bangun negeri, lewat pendidikan kita bersinergi”.