Oleh Prof Mardianto
Nama Teknik Pengelompokan
– Teknik membagi dua kelompok dengan melihat huruf awal nama vokal atau konsonan.
Pengertian
Adalah cara mengelompokkan peserta didik berdasarkan huruf awal yang terdapat pada nama peserta didik yakni huruf vokal atau konsonan sehingga menjadi dua kelompok yang berbeda.
Media/bahan
Tidak ada
Langkah-langkah
Langkah-langkah untuk melaksanakan teknik pengelompokan ini adalah sebagai berikut:
– Sampaikan kepada peserta didik bahwa dalam belajar mereka akan dibagi dalam dua kelompok yang berbeda.
– Mintalah peserta didik untuk menyebutkan sendiri huruf awal nama mereka masing-masing.
– Bagi peserta didik yang memiliki nama dengan huruf awal “vokal” mengelompok menjadi satu bagian.
– Bagi peserta didik yang memiliki nama dengan huruf awal “konsonan” mengelompok menjadi satu bagian.
– Kelompok pertama adalah peserta didik yang namanya mempunyai huruf vokal pada awal nama.
– Kelompok kedua adalah peserta didik yang namanya mempunyai huruf konsonan pada awal nama.
Kelebihan
Kelebihan teknik pengelompokan ini adalah sebagai berikut:
– Teknik ini mudah dilakukan baik di dalam kelasa maupun di luar kelas.
– Teknik ini tidak memerlukan media atau bahan, sehingga kapan saja dapat dilakukan.
– Teknik ini efisien dalam penggunaan waktu.
Kelemahan
Kelemahan teknik pengelompokan ini adalah sebagai berikut:
– Teknik tidak dapat memprediksi jumlah peserta didik secara merata.
– Teknik ini kurang tepat atau sulit digunakan untuk peserta didik kelas awal yang belum kenal huruf vokal dan konsonan.
Catatan:
– Variasi pengembangan teknik ini dapat juga digunakan huruf terakhir dari nama peserta didik apakah terdiri dari huruf vokal atau konsonan.
– Teknik ini tepat untuk pengelompok peserta didik ketika belajar bahasa.
Kita setuju; Dengan Kolaborasi Kita Bangun Negeri Lewat Pendidikan Kita Bersinergi