Nama Teknik Pengelompokan
– Teknik membagi dua kelompok dengan membedakan jumlah kancing baju ganjil atau genap.
Pengertian
Adalah teknik pengelompokan berdasarkan jumlah kancing baju yang dikenakan peserta didik berjumlah ganjil atau genap sehingga menjadi dua kelompok yang berbeda.
Media/bahan
Pakaian yang dikenakan peserta didik.
Langkah-langkah
Langkah-langkah untuk melaksanakan teknik pengelompokan ini adalah sebagai berikut:
– Sampaikan kepada peserta didik bahwa dalam belajar ini mereka akan dibagi dalam dua kelompok yang berbeda.
– Peserta didik diminta untuk menghitung berapa jumlah kancing baju yang dikenakan.
– Peserta didik diminta untuk mengelompok berdasarkan jumlah kancing baju yang berbeda, yakni kelompok dengan jumlah ganjil dan kelompok dengan jumlah genap.
– Peserta didik yang memiliki jumlah kancing baju ganjil mengelompok menjadi satu bagian.
– Peserta didik yang memiliki jumlah kancing baju genap mengelompok menjadi satu bagian.
– Kelompok pertama adalah peserta didik yang memiliki jumlah kancing baju ganjil.
– Kelompok kedua adalah peserta didik yang memiliki jumlah kancing baju genap.
– Masing-masing kelompok diberi tugas untuk membahas menyelesaikan tugas yang disiapkan guru.
Kelebihan
Kelebihan teknik pengelompokan ini adalah sebagai berikut:
– Teknik ini dapat dilakukan di luar maupun di dalam kelas.
– Teknik ini mudah dilakukan baik dari peserta didik pada kelas Taman-Kanak-Kanak, Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi.
– Teknik ini tidak membutuhkan peralatan tambahan.
Kelemahan
Kelemahan teknik pengelompokan ini adalah sebagai berikut:
– Teknik ini sedikit sulit dilakukan apabila untuk siswa semua sedang berpakaian olahraga karena umumnya mereka mengenakan kaos tanpa kancing.
– Jumlah anggota kelompok sulit diprediksi.
– Apabila peserta didik telah mengenakan pakaian rapi, memasukkan baju ke dalam celana, maka kerepotan akan terjadi.
Catatan:
– Apabila sebagian peserta didik telah memasukkan baju dengan rapi, maka untuk menghitungnya harus dengan hati-hati tanpa membuka pakaian lainnya.
– Apabila bercampur sebagian peserta didik menggunakan baju, sementara sebagian tidak maka teknik ini dikembangkan menjadi variasi menggunakan kancing baju dengan tidak menggunakan kancing baju.
– Pengembangan teknik ini juga dapat digunakan dengan jumlah lubang pada ikatan tali sepatu yang dikenakan peserta didik.
– Kita setuju; Dengan Kolaborasi Kita Bangun Negeri Lewat Pendidikan Kita Bersinergi.