Nama Teknik Pengelompokan
– Teknik membagi empat kelompok dengan menyebut Tempat Tinggal Empat Arah Mata Angin.
Pengertian
– Adalah membagi kelompok peserta didik ke dalam empat kelompok berdasarkan posisi tempat tinggal pada empat arah mata angin yakni; timur, selatan, barat dan utara.
Media/bahan
Tidak ada
Langkah-langkah
Langkah-langkah untuk melaksanakan teknik pengelompokan ini adalah sebagai berikut:
– Sampaikanlah bahwa peserta didik akan dibagi dalam empat kelompok yang berbeda.
– Peserta didik diminta untuk mengelompokkan diri berdasarkan arah tempat tinggal dilihat dari posisi sekolah. Arah mata angin adalah; timur, selatan, barat dan utara.
– Peserta didik yang tinggalnya berada di sebelah timur sekolah mengelompok menjadi satu bagian.
– Peserta didik yang tinggalnya berada di sebelah selatan sekolah mengelompok menjadi satu bagian.
– Peserta didik yang tinggalnya berada di sebelah barat sekolah mengelompok menjadi satu bagian.
– Peserta didik yang tinggalnya berada di sebelah utara sekolah mengelompok menjadi satu bagian.
– Pastikan kelompok satu adalah peserta didik yang bertempat tinggal di sebelah timur sekolah.
– Pastikan kelompok dua adalah peserta didik yang bertempat tinggal di sebelah selatan sekolah.
– Pastikan kelompok tiga adalah peserta didik yang bertempat tinggal di sebelah barat sekolah.
– Pastikan kelompok empat adalah peserta didik yang bertempat tinggal di sebelah utara sekolah.
– Setelah mengelompok silahkan peserta didik untuk mengerjakan tugas yang diberikan.
Kelebihan
Kelebihan teknik pengelompokan ini adalah sebagai berikut:
– Dapat dilakukan dimana saja baik di dalam maupun di luar kelas.
– Teknik ini dapat diterapkan dari sejak siswa di sekolah dasar sampai perguruan tinggi.
– Semoga peserta didik akan terakomodir menjadi anggota kelompok.
Kelemahan
Kelemahan teknik pengelompokan ini adalah sebagai berikut:
– Jumlah anggota kelompok relatif sulit diprediksi bahkan cenderung tidak seimbang.
– Tidak selamanya semua terdapat anggota kelompok, mungkin saja hanya terjadi di tiga kelompok.
– Sebagian peserta didik kadang sulit menentukan bila tempat tinggalnya berada di antara empat mata angin yakni; tenggara, barat daya, barat laut, atau juga timur laut.
Catatan:
– Teknik ini sangat tepat untuk pembagian kelompok ketika peserta didik belajar tentang geografi.
– Bila terdapat arah rumah yang berada antara timur dan utara, maka peserta didik dikelompokkan pada kelompok yang jumlah anggotanya relatif sedikit.
Kita setuju; Dengan Kolaborasi Kita Bangun Negeri Lewat Pendidikan Kita Bersinergi.